Agenda & Kegiatan

Data belum tersedia saat ini.
Silahkan kembali lagi lain waktu. Terimakasih.

Data belum tersedia saat ini.
Silahkan kembali lagi lain waktu. Terimakasih.

Galeri Photo

3 - 5 September 2014 - Pengurus Pusat ISEI

Seminar Nasional & Sidang Pleno ISEI XVII

Download File (50.828 KB)

PEMBAHARUAN INSTITUSI EKONOMI DAN MUTU MODAL MANUSIA
Ternate, 3 - 5 September 2014

Pemilihan anggota legislatif dan presiden serta wakil presiden yang akan menentukan Indonesia dalam lima tahun ke depan sudah terlaksana dengan lancar dan aman. Pemimpin baru Indonesia sudah terpilih. Sudah saatnya seluruh rakyat Indonesia termasuk anggota ISEI merapatkan kembali barisan untuk bersiap-siap ikut berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan ekonomi Indonesia untuk lima tahun ke depan. Apalagi tantangan baik dari dalam negeri, regional maupun global sudah menghadang di depan mata. Masyarakat Ekonomi ASEAN, kompleksitas perjanjian perdagangan baik bilateral maupun multilateral, dan berbagai isu domestik lainnya seperti bonus demografi, Middle Income Trap sudah menanti untuk segera mendapatkan respon dan tindakan dari pemerintah baru nanti.

Pemilihan tema "Pembaharuan Institusi Ekonomi dan Mutu Modal Manusia" pada Seminar Nasional dan Sidang Pleno ISEI ke XVII di Ternate ini dipilih bukan tanpa alasan. Hasil Call for Paper dan Small Research yang diselenggarakan oleh PP ISEI yang melibatkan para mahasiswa, dosen, praktisi dan anggota ISEI daerah menegaskan urgensi untuk meningkatan kualitas institusi ekonomi terutama lembaga, birokrasi dan kebijakan pemerintah yang akan menentukan rule of the game bagi bekerjanya sistem ekonomi secara efisien dan efektif di Indonesia. Selain itu pembangunan modal manusia baik dari sisi kuantitas ataupun kualitas melalui pendidikan dan kesehatan adalah sentral dalam perekonomian. Pembangunan institusi ekonomi dan manusia di Indonesia saat ini membutuhkan sebuah akselerasi bukan sekedar business as usual karena Indonesia sudah tertinggal di ASEAN dan emerging countries lainnya. Tanpa adanya akselerasi, jangan mengharapkan kondisi ekonomi Indonesia akan lebih baik dalam lima tahun atau bahkan satu dekade mendatang, karena institusi ekonomi dan mutu modal manusia penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia.

Tema-tema penting yang diambil dalam Sidang Pleno kali ini sangat relevan bagi pembangunan Indonesia kedepan. Dari enam sub tema yang telah dipilih oleh PP ISEI untuk dianalisis dan didiskusikan lebih lanjut dalam serangkaian kegiatan yang diagendakan dalam Seminar Nasional dan Sidang Pleno selama 3 hari ini diharapkan dapat memunculkan sebuah rekomendasi konkret dan implementatif yang dapat berkontribusi positif terhadap akselerasi pembaharuan institusi ekonomi dan perbaikan mutu modal manusia Indonesia. Dengan demikian PP ISEI diharapkan bisa memberikan kontribusi yang positip dan senantiasa optimis bagi terwujudnya Indonesia yang lebih baik tanpa mengesampingkan pemikiran yang kritis dan konstruktif.