Agenda & Kegiatan

Data belum tersedia saat ini.
Silahkan kembali lagi lain waktu. Terimakasih.

Data belum tersedia saat ini.
Silahkan kembali lagi lain waktu. Terimakasih.

Galeri Photo

IKATAN SARJANA EKONOMI INDONESIA (ISEI)
Indonesian Economist Association (IEA)

MUKADIMAH

Bahwa kami Sarjana Ekonomi Indonesia merupakan bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia, maka dari itu berkewajiban untuk mengambil peran yang positif untuk kemajuan kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia.

Bahwa kami Sarjana Ekonomi Indonesia dengan penuh rasa tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengembangkan ilmu ekonomi untuk dibaktikan kepada Nusa, Bangsa dan Negara.

Bahwa kami Sarjana Ekonomi menghargai pemikiran-pemikiran dalam bidang ekonomi yang tidak bertentangan dengan falsafah Pancasila.

 

PENGANTAR

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) dibentuk dan didirikan pada tanggal 14 Januari 1955 di Jakarta, yang sekaligus merupakan tempat kedudukan pengurus pusat, dengan cabang-cabang di seluruh Indonesia.

Perkumpulan ISEI adalah Organisasi Profesi yang berdasarkan pada ke-Sarjanaan dan tidak mengikatkan diri pada Partai politik dan Organisasi politik manapun.

ISEI bertujuan untuk:

  • Menghimpun Sarjana-sarjana Ekonomi Indonesia ke dalam satu ikatan guna membaktikan diri kepada Nusa, Bangsa dan Negara untuk mencapai masyarakat adil, makmur, sejahtera, lestari berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  • Menggali, mengembangkan dan mengamalkan ilmu ekonomi untuk dapat dimanfaatkan bagi pembangunan bangsa dan negara Indonesia.
  • Memelihara kepentingan dan persatuan yang erat antara para anggota Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia.
  • Meningkatkan serta mengembangkan pengetahuan dan kemampuan para Sarjana Ekonomi Indonesia.
  • Menggali, menyumbangkan dan mengamalkan ilmu ekonomi untuk dapat dimanfaatkan bagi kemajuan dan pembangunan dunia.
  • Berperan serta secara aktif dalam mengolah, menganalisa dan memecahkan masalah-masalah dalam bidang ekonomi khususnya dan pembangunan nasional pada umumnya.
  • Membantu dan ikut serta secara aktif dalam usaha-usaha untuk meningkatkan dan mengembangkan pendidikan dan penelitian bidang ekonomi.

ISEI aktif mengadakan Program Pembinaan Kesarjanaan/Profesi. Disamping itu ISEI secara regular mengadakan Kongres tiga tahun sekali serta Sidang Pleno yang diadakan tiap tahun diantara dua Kongres. Sampai dengan periode kepengurusan ISEI 2012-2015 telah dilakukan Sidang Pleno sebanyak 17 kali dan Kongres sebanyak 18 kali. Sidang Pleno ke-17 diadakan di Ternate dengan tema: “Pembaharuan Institusi dan Mutu Modal manusia”. Pada Sidang Pleno atau Kongres dibahas masalah-masalah Ekonomi Internasional, ASEAN, Perekonomian Nasional, Pembangunan Daerah, dan juga mengenai perkembangan teori ekonomi terkini. Kongres ISEI ke-19 pada tahun 2015 mendatang akan diadakan di Surabaya dengan mengangkat tema: “Menghidupkan kembali Sektor Industri sebagai Penggerak Ekonomi Nasional”.

Pada aspek regional, ISEI merupakan sponsor pembentukan Himpunan Organisasi Ekonomi ASEAN yang selanjutnya disebut Federation of ASEAN Economic Association (FAEA), tanggal 27 Oktober 1976 di Parapat, Danau Toba (Medan). Konferensi FAEA ke-38 tahun 2013, penyelenggara Economic Society of Singapore (ESS), bertempat di Singapore, Humanities and Social Sciences Building, Nanyang Technological University-Singapore, mulai tanggal 28-29 November 2013. Tema Konferensi FAEA ke-38 adalah “The ASEAN Community: Integrating Sustainable Urban and Rural Development”. FAEA ke-39 diadakan di Bangkok-Thailand, tema yang diangkat adalah: “ Beyond AEC 2015”. FAEA ke-40 rencananya akan dilaksanakan di Vietnam.

KETUA UMUM ISEI

NoNamaPeriode
1Prof. Dr. Soemitro Djojohadikusumo1955-1957
2Sarbini Sumawinata1957-1964
3Mulyatno Sindhu Darmoko1964-1966
4Prof. Dr. Muhammad Sadli1966-1972
5Prof. Dr. Emil Salim1972-1979
6Dr. Arifin M. Siregar1979-1987
7Prof. Dr. J. B. Sumarlin1987-1993
8Marzuki Usman, SE, MA1993-2000
9Prof. Dr. Bambang Sudibyo2000-2003
10Dr. Burhanuddin Abdullah, MA2003-2009
11Dr. Darmin Nasution2009-2015