Milestones


Revitalisasi ISEI (Speech Ketua Umum)

1.        Sejak berdiri pada Januari 1955, di bawah ketua ISEI yg pertama Prof. Dr. Soemitro Djojohadikusumo, ISEI telah berperan besar dalam ikut memajukan ekonomi negeri ini.

2.        Saya melihat dan berkeyakinan bahwa potensi ISEI yang sangat besar itu perlu lebih ditingkatkan dan disinergikan dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk Bank Indonesia, untuk dapat berkontribusi nyata terhadap kemajuan ekonomi negeri ini.

3.        Kenapa ISEI harus berkontribusi lebih nyata terhadap kemajuan ekonomi negeri ini? Karena kita semua berkeinginan untuk mengangkat ekonomi negeri Indonesia dari tingkat berpendapatan menengah menjadi berpendapatan tinggi dengan memanfaatkan segenap potensi ekonomi yang ada di negeri ini, termasuk bonus demografi.

4.        Dalam hal ini, saya melihat ada 3 (tiga) tantangan berat yang harus kita jawab bersama, baik oleh pemangku kepentingan maupun oleh ISEI.

5.        Pertama, kondisi ekonomi dan keuangan global sedang dalam masa-masa yang pentuh tantangan. Di satu sisi, pertumbuhan ekonomi global tidak merata lebih banyak terpusat di AS, sementara di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, perlu didorong.

6.        Gejolak di pasar keuangan global diwarnai oleh kemungkinan kenaikan suku bunga di Amerika yang lebih cepat, yang bisa diikuti oleh negara-negara lain. Pada waktu yg sama, ketegangan perdagangan terjadi baik antara AS dengan Tiongkok dan sejumlah negara lain

7.        Kedua, kita perlu membangun upaya bersama memajukan ekonomi negeri ini. Bagaimana kita mendorong pertumbuhan ekonomi yg lebih tinggi, menciptakan lapangan kerja yg lebih banyak, mengatasi kemiskinan dan mengurangi kesenjangan ekonomi antar daerah.

8.        Dalam hal ini, perlu dirumuskan dan diimplementasikan sinergi atara kebijakan fiskal, kebijakan moneter, kebijakan di sektor keuangan maupun reformasi struktural di pusat dan daerah untuk mendorong dan memajukan ekonomi.

9.        Ketiga, kita harus mampu mempersiapkan dan memanfaatkan potensi ekonomi dan keuangan digital bagi kemajuan ekononi negeri ini. Kita harus membangun potensi ekonomi digital itu agar bermanfaat bagi pengembangan kerakyatan kita, pengembangan UMKM yang berada di seluruh daerah, serta mendukung program industrialisasi di era digital.

10.    Bagaimana kita memperkuat peran serta dari ISEI bagi kemajuan ekonomi negeri ini. Saya melihat ada 3 (tiga) strategi pokok yang perlu dilakukan bersama, dan inilah sebagai program-program konkrit yang perlu kita lakukan ke depan.

11.    Yang pertama, kita harus mendorong peran serta ISEI di dalam perumusan-perumusan kebijakan untuk menjawab berbagai tantangan tadi, bagi kemajuan ekonomi negeri ini..

12.    Kita perlu mencari sumber-sumber pertumbuhan baru untuk kemajuan ekonomi kita, untuk bagaimana kita bisa mengatasi defisit transaksi berjalan, untuk bagaimana kita bisa menciptakan lapangan kerja, untuk bagaimana kita bisa memajukan UMKM kita dan mengatasi kesenjangan ekonomi antar daerah.

13.    Dalam kaitan ini, saya akan mendorong peran serta ISEI ke depan. Tidak hanya itu, saya akan membangun sinergi yang konkrit dari ISEI dengan berbagai pemangku kepentingan.

14.    Yang kedua, saya akan mendorong bagaimana kualitas akademis maupun riset di perguruan-perguruan tinggi dapat dibantu dan didukung oleh peran aktif dari ISEI.

15.    Kita perlu meningkatkan bagaimana kualitas akademis kita tidak hanya mampu untuk terus memperkaya dan memperbaharui pemikiran-pemikiran teoritikal yang terkini, tapi juga mampu memberikan pemikiran-pemikiran aplikatif yang diperlukan bagi perumusan kebijakan.

16.   Di bidang riset, kualitas riset perlu kita tingkatkan. Saya juga akan mengajak peran serta ISEI dalam membangun kapasitas riset ini yang bertaraf internasional.

17.    Yang ketiga, saya akan mendorong kerjasama ISEI dengan lembaga-lembaga profesi lainnya, tidak hanya di tingkat nasional tapi juga tingkat internasional.

18.    Itulah mimpi dan juga program-program konkrit yang Inshallah akan kita lakukan bersama dengan segenap pengurus dan anggota ISEI, baik di pusat maupun di daerah, untuk memajukan ekonomi negeri ini.

19.    Marilah, bersama kita memajukan ISEI. Semoga Tuhan yang Maha Pemurah memberkati upaya kita bersama.

 

Sekian, terima kasih.

by admin_isei_pusat01 posted on 08 May 2019