Breaking News! Seminar Nasional: “Strategi, Tantangan dan Peluang Pengembangan UMKM di Era Transformasi Digital”
Berita ISEI

Seminar Nasional: “Strategi, Tantangan dan Peluang Pengembangan UMKM di Era Transformasi Digital”

15 December 2023

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Palangka Raya bekerjasama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional dengan mengusung tema “Strategi, Tantangan dan Peluang Pengembangan UMKM”. Kegiatan Seminar Nasional ini dilaksanakan secara hybrid pada 14 Desember 2023 dengan bertempat di Aula Bentang Hapakat, KPw BI Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB dan disiarkan secara langsung melalui saluran Zoom. Sekitar 350 peserta turut hadir dalam kegiatan ini baik secara offline dan online, terdiri dari akademisi, lembaga pemerintah, serta pelaku UMKM lokal.

Kegiatan ini diawali dengan laporan dari Ketua ISEI Cabang Palangka Raya, Ahmad Selanorwanda. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan sesi Leader Insight yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif Bank Indonesia Institute sekaligus Sekretaris Umum PP-ISEI, Yoga Affandi. Memasuki sesi selanjutnya, pemaparan Keynote Speech oleh Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia, Teten Masduki. Selanjutnya, Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, Edy Pratowo, juga turut menghadiri kegiatan ini untuk memberikan Welcoming Speech sekaligus membuka kegiatan secara resmi. 

Pada kesempatan ini dalam rangka memperluas diseminasi buku Kajian Kebijakan Publik (KKP) ISEI 4.0, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan simbolis buku KKP 4.0 kepada Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, Wakil Ketua Umum Bidang Ketenagakerjaan Kadin Provinsi Kalimantan Tengah, Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya. Adapun ketiga penerima simbolis buku KKP 4.0 tersebut menggambarkan komitmen sinergi antara akademisi (Academic), pelaku usaha (Business), dan pemerintah (Government) atau dapat disingkat dengan ABG. 

Berlanjut ke sesi Seminar, pemaparan materi diawali oleh Hendri Saparini (Centre of Reform on Economics/CORE Indonesia) dengan tema terkait peran digitalisasi sebagai kiat untuk memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi pelaku UMKM. Selanjutnya, pemaparan dilanjutkan oleh Donni Fajar Anugrah (Bank Indonesia Institute) dengan tema terkait peningkatan produktivitas UMKM melalui digitalisasi. Kemudian, pembicara ketiga oleh Alfian Arasy (Business Development Shopee) dengan tema terkait peran e-commerce khususnya Shopee dalam memfasilitasi UMKM untuk scale-up dan menembus pasar ekspor. 

Kegiatan Seminar Nasional berjalan dengan baik dan lancar dipandu oleh moderator, Nisa Rahimia. Peserta kegiatan juga turut berperan dengan sangat aktif, interaktif dan penuh antusias selama berjalannya kegiatan baik saat pemaparan materi oleh narasumber maupun saat sesi diskusi tanya jawab.