Breaking News! Seminar Series Kajian Kebijakan Publik (KKP) 5.0 dan Diseminasi KKP 4.0 di Surabaya
Berita ISEI

Bank Indonesia Mengajar 2023 & Pelantikan ISEI Cabang Surabaya 2023-2026

13 August 2023

Selaku Tuan Rumah, Universitas Airlangga (UNAIR) bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNAIR sukses menggelar Acara Bank Indonesia Mengajar 2023, bersama Perry Warjiyo- Gubernur Bank Indonesia (BI) dengan Tema “Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju” dengan bekerja sama antara Bank Indonesia dan ISEI Cabang Surabaya, untuk ratusan mahasiswa yang tidak hanya dari UNAIR namun juga dari 17 universitas lain se Jawa Timur.

Acara BI Mengajar 2023, diselenggarakan sebagai rangkaian dari Peringatan DIES NATALIS ke-62 FEB UNAIR, Peringatan Ulang Tahun ke-70 Bank Indonesia, dan HUT ke-78 Republik Indonesia, yang ditujukan untuk meningkatkan literasi ekonomi dan kebanksentralan masyarakat, utamanya yang berkaitan dengan tugas Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Selain memberikan Kuliah Umum, Perry Warjiyo yang juga selaku Ketua Umum ISEI (Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia) juga melakukan Pelantikan Pengurus ISEI Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur Periode 2023-2026 dari Aula Garuda Mukti, Gedung Kantor Manajemen Kampus MERR-C Universitas Airlangga.
Sebelum memberikan Kuliah Umum, Perry Warjiyo, menyampaikan ucapan selamat kepada Dr. Drs. Soni Harsono, MSi., sebagai Ketua ISEI Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur Periode 2023-2026, juga memberikan 3 pesan:
Pesan pertama: Majukan ekonomi Jawa Timur.

”Bagaimana cara memajukannya, dengan 3 cara juga”, demikian Perry Warjiyo memulai memberikan saran/tipsnya untuk memajukan ekonomi Jawa Timur: 1. hilirisasi pertanian, perikanan, perkebunan juga aspek-aspek yang lain. Untuk pertanian, Perry Warjiyo memberikan contoh bagaimana meningkatkan ekspor rempah-rempah Jawa Timur bukan mentah. “rempah-rempah kita banyak (10% rempah-rempah dunia di ekspor dari Jawa Timur), seperti Jahe, namun belum diproses oleh UNAIR, dan tugasnya Pemerintahan Provinsi Jawa Timur adalah membangun offtaker-nya; 2. digitalisasi, dimana 67-70 % penduduk Indonesia adalah kalangan milenial, untuk pemasaran, packaging dan lain sebagainya; 3. Fokus di Jawa timur adalah Ekonomi Kerakyatan. ”Mari kita bantu Provinsi Jawa Timur, Rakyat Jawa Timur supaya ekonominya maju, lapangan kerjanya banyak, kesejahteraan meningkat”.

Pesan ke dua: Umur bisa tua namun Jiwa ABG harus dibangun (ISEI sebagai wadah ABG, Manunggalnya/sinergi antara Akademisi, Bisnis dan Government). Bersatu untuk membangun ekonomi Jawa Timur

Pesan ke tiga: Sukseskan Kongres Bengkulu
Pada kesempatan Perkuliahan tersebut Perry Warjiyo, menyampaikan pentingnya inovasi dan kreativias dalam mendukung proses pemulihan ekonomi dengan cara mengoptimalkan inovasi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan guna memperkuat ketahanan dan kebangkitan ekonomi nasional.
Perry Warjiyo juga menyampaikan tips dalam mencapai cita-cita kepada para mahasiswa peserta BI Mengajar untuk gigih dalam belajar, memperluas wawasan dan pegalaman sesuai bidang yang diinginkan, juga seberapa kita dekat dengan Sang Pencipta, karena kesuksesan dapat tercapai atas izin dari Tuhan YME.

Perry Warjiyo menekankan bahwa untuk mencapai pertumbuhan yang tinggi, berkelanjutan, dan inklusif perlu adanya dukungan selain dengan inovasi dan kreativitas, koordinasi yang erat antara kebijakan bank sentral, kebijakan fiskal dan reformasi struktural sebagai wujud sinergi bauran kebijakan nasional untuk Indonesia Maju.
Apresiasi diberikan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur – Dr. Emil Elistiano Dardak, bahwa di tahun 2022, selaku Gubernur BI – Perry Warjiyo berhasil menghadapi tekanan dan mempertahan agar ekonomi Indonesia bisa tumbuh baik di Tahun 2022, dan Jawa Timur turut memberikan sumbangsihnya kala itu.

Sementara untuk Pengurus ISEI Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur, yang baru saja dilantik, Emil Elestianto Dardak menyampaikan harapannya, “Mudah-mudahan ISEI diberikan kesuksesan. Seluruh sarjana ekonomi kemudian bisa menjawab tantangan zaman bersama, dan Jawa Timur tentunya juga menjadi provinsi yang bisa ditopang pertumbuhan dan kemajuannya oleh segenap sarjana ekonomi”.
Mari! Terus Melaju Bersama, untuk Indonesia Maju

Sumber berita : ISEI Cabang Surabaya