Breaking News! Seminar Series Kajian Kebijakan Publik (KKP) 5.0 dan Diseminasi KKP 4.0 di Surabaya

Profil ISEI

Profil ISEI

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) adalah sebuah organisasi profesional yang berfokus pada bidang ekonomi dan bisnis di Indonesia. ISEI didirikan pada tanggal 14 Januari 1955 dengan tujuan utama untuk memajukan bidang ekonomi, meningkatkan kualitas pendidikan ekonomi, serta meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para sarjana ekonomi di Indonesia.

Anggota ISEI

Keanggotaan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) terdiri dari para sarjana ekonomi, baik yang telah memegang gelar sarjana ekonomi (S.E.) maupun yang masih berkuliah di bidang ekonomi. Keanggotaan terbuka untuk individu yang memiliki minat dan komitmen terhadap pengembangan ekonomi dan bisnis di Indonesia.

Mukadimah ISEI

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) berupaya untuk meningkatan kualitas kebijakan ekonomi di tingkat pusat dan daerah yang dapat diterapkan bagi kemajuan dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) juga turut serta dalam pemikiran dan pembaharuan kerjasama perekonomian regional dan global yang tidak bertentangan dengan falsafah bangsa negara Republik Indonesia.

Strategi ISEI

Memperkuat peran Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) dalam perumusan kebijakan ekonomi, pengembangan kualitas akademis, riset dan profesionalisme, serta peningkatan kerjasama di tingkat nasional maupun internasional.

Visi & Misi ISEI

VISI

Menjadi lembaga yang berkontribusi nyata bagi kemajuan ekonomi nasional dengan didukung oleh penguatan sinergi bersama pengampu kebijakan, baik di pusat dan daerah.

MISI

Memperkuat peran ISEI dalam perumusan kebijakan ekonomi, pengembangan kualitas akademis, riset dan profesionalisme, serta peningkatan kerjasama di tingkat nasional maupun internasional..

Manifesto ISEI

01

Mengambil peran positif
untuk kemajuan kesejahteraan masyarakat

02

Mengembangkan
Ilmu Ekonomi

03

Menyampaikan pemikiran ekonomi
yang sejalan dengan falsafah Pancasila

Academy, Business & Government

Sinergi antara akademisi, bisnis, dan pemerintah merujuk pada kolaborasi dan kerjasama antara tiga sektor ini untuk mencapai tujuan bersama. Sinergi akademisi, bisnis, dan pemerintah dapat terjadi dalam berbagai bentuk, seperti:

Penelitian dan Pengembangan

Akademisi dapat bekerja sama dengan bisnis dan pemerintah dalam melakukan penelitian terapan yang relevan dengan kebutuhan industri dan kebijakan pemerintah. Hal ini dapat menghasilkan solusi inovatif dan penemuan baru yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing ekonomi dan memperbaiki kebijakan publik.

Pendidikan dan Pelatihan

Akademisi dapat bekerja sama dengan bisnis untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri, sehingga lulusan dapat memiliki keterampilan yang relevan dan siap untuk bekerja. Pemerintah juga dapat berperan dalam menyediakan kebijakan dan dukungan untuk program pendidikan dan pelatihan yang memenuhi kebutuhan pasar kerja.

Kebijakan Publik

Kerjasama antara akademisi, bisnis, dan pemerintah dapat membantu dalam proses perumusan kebijakan publik yang berbasis bukti dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat dan industri. Akademisi dapat menyediakan penelitian dan analisis yang mendukung pengambilan keputusan pemerintah, sedangkan bisnis dapat memberikan wawasan praktis tentang dampak kebijakan terhadap industri.

Transfer Teknologi dan Inovasi

Kerjasama antara akademisi dan bisnis dapat memfasilitasi transfer pengetahuan dan teknologi dari lingkungan akademik ke dunia bisnis. Pemerintah juga dapat mendukung kolaborasi ini melalui kebijakan dan program pengembangan teknologi serta insentif bagi perusahaan untuk mengadopsi inovasi.