Breaking News! Kuliah Umum dan Diseminasi Buku KKP 4.0 di Mataram
Berita ISEI

ISEI Jakarta Dukung Industri Tekstil Berorientasi Ekspor

07 March 2023

Jakarta – Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jakarta menyatakan mendukung penuh industri Tanah Air yang berorientasi ekspor. Hal ini dinyatakan langsung oleh Ketua ISEI Jakarta, Inarno Djajadi, saat melakukan kunjungan lapangan ke PT Sri Rejeki Isman Tbk atau PT Sritex Indonesia di Sukoharjo pada Senin, 6 Maret 2023. Ia tegaskan, industri dengan orientasi ekspor yang kuat telah terbukti memberikan kontribusi besar untuk perkembangan ekonomi nasional.

“Seperti industri tekstil misalnya, yang memiliki orientasi ekspor untuk terus bangkit di tengah pemulihan ekonomi saat ini. Industri tekstil selama ini terbukti telah memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia,” ucap Inarno, dikutip Selasa, 7 Maret 2023.

Kunjungan lapangan tersebut sekaligus dilakukan dalam rangka mendorong kerjasama program Merdeka Belajar Kampus Merdeka/MBKM ke Dunia Usaha dan Dunia Industri/DUDI untuk mahasiswa dari perguruan tinggi atau Komisariat di Jakarta.

Kunjungan yang diterima langsung Presiden Direktur Sritex Indonesia Iwan Setiawan Lukminto itu dihadiri oleh sekitar 60 pengurus dan anggota ISEI, antara lain dari Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Solo.

“Industri tekstil di Tanah Air memiliki potensi devisa yang cukup besar bagi negara, khususnya dalam mendukung peningkatan ekspor non migas Indonesia. Terkait dengan hal itu, dukungan dari ISEI ini sangat diperlukan agar kami bisa menerima masukan-masukan terkait pengembangan dan tantangan yang dihadapi dunia usaha, khususnya industri tekstil Tanah Air,” terang Iwan.

Ketua ISEI Jakarta Inarno Djajadi pun menyampaikan bahwa ISEI akan terus memberikan sumbangsih pemikiran bagi seluruh pemangku kepentingan, khususnya bagi pengembangan dunia usaha. Anggota ISEI yang saat ini berasal dari unsur-unsur akademisi, dunia usaha, dan pemerintah merupakan kekuatan yang cukup mumpuni dalam memberikan sumbangsih pemikiran-pemikiran di bidang ekonomi.

“Di tengah situasi perekonomian global dan domestik yang cukup menantang seperti sekarang ini, sinergi yang erat antara seluruh pemangku kepentingan termasuk pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat temasuk ISEI juga menjadi hal penting yang perlu terus dilaksanakan secara berkesinambungan,” tambah Inarno.

Dalam kesempatan tersebut, Inarno juga menyampaikan pentingnya dunia usaha mendukung pelaksanaan kampus merdeka dengan membuka kesempatan mahasiswa melakukan praktik kerja lapangan di berbagai industri. Hal ini akan menjadi sinergi yang sangat baik antara dunia usaha dan dunia pendidikan, dalam mempersiapkan SDM Tanah Air menghadapi kompetisi yang semakin ketat di masa depan. Steven Widjaja

Sumber berita: https://infobanknews.com/isei-jakarta-dukung-penuh-industri-berorientasi-ekspor/