Breaking News! Kuliah Umum dan Diseminasi Buku KKP 4.0 di Mataram
Berita ISEI

Kuliah Umum dan Diseminasi Buku KKP 4.0 di Mataram

05 March 2024

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) menyelenggarakan Kuliah Umum dan Diseminasi Buku Kajian Kebijakan Publik (KKP) 4.0 pada Jumat, 1 Maret 2024 di Mataram. Acara tersebut dihadiri lebih dari 80 peserta baik dari perwakilan akademisi (A), maupun pelaku usaha (Business/B) dan Pemerintah (Government/G) yang bertempat di Gedung Serba Guna Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Sambutan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB (Berry A. Harahap) dan Ketua ISEI Cabang Mataram (Dr. Taufiq Chaidir) mengawali acara. Sekretaris Umum (Sekum) ISEI sekaligus Kepala Bank Indonesia Institute, Yoga Affandi PhD memberikan kuliah umum dengan moderator oleh Pengurus ISEI Cabang Mataram (Diswandi PhD).

Selanjutnya dalam pemaparan Perkembangan Ekonomi Terkini, Sekum ISEI menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukkan tren positif dan tumbuh lebih baik dari prakiraan. Namun, terdapat sejumlah hal yang perlu menjadi perhatian ke depannya, antara lain nilai tukar rupiah dan inflasi yang terjadi utamanya pada komoditas pangan seperti beras. Sebagai upaya menghadapi dinamika global yang terjadi saat ini, diperlukan sinergi bauran kebijakan yang pro-stability dan pro-growth.  Kuliah umum tersebut juga diisi diskusi dengan peserta yang sangat antusias mengajukan pertanyaan terkait seputar perekonomian Indonesia. Sekum ISEI menekankan pentingnya sinergi untuk membangun perekonomian baik dalam lingkup nasional, maupun daerah. 

Kegiatan dilanjut dengan pemaparan Buku KKP 4.0 secara singkat oleh Deputi Direktur Bank Indonesia Institute (Donni Fajar Anugrah, PhD). Buku tersebut terdiri dari 6 (enam) bab yang mencerminkan kondisi perkembangan ekonomi dan memberikan rekomendasi kebijakan untuk mendorong kebangkitan ekonomi dengan penekanan pada hilirisasi, digitalisasi dan ekonomi berkelanjutan. Acara ditutup dengan penyerahan Buku KKP 4.0 oleh Sekum ISEI secara simbolis kepada Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Ketua ISEI Cabang Mataram, Dekan FEB Universitas Mataram, Dekan FEB Universitas Islam Negeri Mataram, dan Dekan FE Universitas Islam Al-Azhar.