Breaking News! Seminar Series Kajian Kebijakan Publik (KKP) 5.0 dan Diseminasi KKP 4.0 di Surabaya
Berita ISEI

Menuju Research University: Undiknas Menyelenggarakan Bedah Buku Terobosan Dalam Analisis Data

30 May 2024

Denpasar - Strategi dalam menulis karya ilmiah menjadi perbincangan dikalangan mahasiswa yang akan mengambil proposal maupun skripsi. Untuk membantu mahasiswa menulis karya ilmiah Universitas Pendidikan Nasional (UNDIKNAS University) menyelenggarakan Bedah Buku dan Workshop dengan tema “Terobosan dalam Analisis data dan Publikasi Ilmiah” secara hybrid di Auditorium Dwi Tunggal UNDIKNAS Denpasar dan zoom meeting pada hari Rabu, 22 Mei 2024.

Agenda Bedah buku dan workshop dibuka secara resmi oleh Rektor UNDIKNAS Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa, S.T., S.Sos., M.M., IPM., ASEAN. Eng. menyampaikan ucapan terimakasih kepada ISEI karena kegiatan ini selaras dengan tagline UNDIKNAS University“saya sampaikan terima kasih kepada ISEI yang telah berkenan menyelenggarakan Bedah Buku “Metode Kuantitatif, dengan RStudio: Penerapan untuk riset Manajemen & Bisnis”, di Kampus kami, UNDIKNAS University yang tentunya menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran dan pemahaman lebih jauh, khususnya Riset, dimana kami juga memiliki tagline “Techno Research-preneur University”” ujar Prof. Shribawa.

Kegiatan ini dihadiri oleh para pakar dari berbagai perguruan tinggi nasional dan internasional, diantaranya Prof. Dr. Hermanto Siregar, M.Ec., selaku Rektor Perbanas Institute & Guru Besar Ilmu Ekonomi IPB, Prof. Dr. Christantius Dwiatmadja, S.E., M.E., selaku Wakil Ketua Bidang III Pengurus Pusat ISEI & Anggota Dewan Eksekutif LAMEMBA, Prof. Dr. Muhammad Firdaus, S.P., M.Si., selaku Atase Pendidikan & Kebudayaan Perwakilan RI Kuala Lumpur & Guru Besar Ilmu Ekonomi IPB, Ibu Butet Linda H. Panjaitan selaku Advisor Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Giantari, M.Si. selaku Guru Besar FEB Universitas Udayana, Firman S. Parningotan, M.Ec. selaku Sekretaris Eksekutif ISEI, 250 mahasiswa UNDIKNAS yang hadir secara offline, dan 200 peserta yang hadir secara online.

Gambar 1. Sesi penandatangan MOU Rektor UNDIKNAS bersama Prof. Dr. Christantius Dwiatmadja, S.E., M.E.,

Bedah buku dan workshop ini dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama diawali dengan bedah buku dipandu oleh Prof. Dr. Ida Bagus Raka Suardana, M.M yang merupakan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNDIKNAS dengan memberikan kesempatan pertama kepada Prof. Dr Hermanto Siregar, M.Ec. untuk memberikan pengantar pada bedah buku ini. Kesempatan kedua diberikan kepada Prof. Muhammad Firdaus, S.P., M.Si., yang menyampaikan materi pengolahan dan analisis data mahasiswa kerap menggunakan aplikasi yang berbayar dan mengakalinya menggunakan crack. Dalam buku yang berjudul “Aplikasi Model Ekonometrika dengan RStudio” dan “Metode Kuantitatif dengan RStudio”. Buku ini menawarkan aplikasi RStudio yang mudah didapatkan oleh mahasiswa di internet dengan open source (dapat digunakan secara gratis). Selain itu disampaikan oleh pembicara perlunya lisensi software dalam mempublikasi karya ilmiah pada jurnal internasional bereputasi karena merupakan standar etika publikasi.

Pembahas ketiga yaitu Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Giantari,M.Si menyampaikan buku ini bagus dijadikan buku saku oleh dosen serta mahasiswa. Pembahas terakhir yakni Gede Crisna Wijaya, S.E., M.Si. menyampaikan buku ini sangat Recommended untuk pemula karena mudah dipahami oleh pemula, dapat digunakan oleh multidisiplin ilmu serta telah banyak tersedia video tutorial di youtube. Dalam bedah buku ini Crisna Wijaya menyarankan menambahkan contoh kasus riset dengan multi disiplin ilmu pada buku tersebut.

Gambar 2. Sesi foto bersama seluruh peserta kegiatan bedah buku di Auditorium Dwi Tunggal UNDIKNAS

Pada sesi kedua dilaksanakan workshop menulis artikel ilmiah dan tata cara mengolah serta analisis data menggunakan aplikasi RStudio. Pada sesi kedua ini dipandu oleh Gede Crisna Wijaya, S.E., M.Si. dan diisi oleh Prof. Muhammad Firdaus, S.P., M.Si. serta diikuti oleh dosen UNDIKNAS serta dosen dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Bali dan luar Bali. Pada akhir acara Prof. Dr. Christantius Dwiatmadja, S.E., M.E. menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap kegiatan seperti ini dilaksanakan secara berkelanjutan agar dapat membantu dosen dan mahasiswa untuk mengolah data serta mempublikasikan karyanya kedalam jurnal internasional bereputasi.

Kegiatan ini sejalan dengan dua pilar penting dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yaitu Pilar 4: Pendidikan Berkualitas dan Pilar 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur. Dengan meningkatkan kapasitas mahasiswa dan dosen dalam analisis data dan publikasi ilmiah, kegiatan ini berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan melalui pembelajaran berbasis riset. Selain itu, dengan mendorong penggunaan teknologi dan inovasi seperti RStudio, acara ini mendukung pengembangan industri berbasis pengetahuan dan infrastruktur pendidikan yang canggih. Keterampilan yang diperoleh dari workshop ini memungkinkan mahasiswa dan dosen untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam dan berbasis data, yang pada gilirannya mendukung inovasi dan pengembangan industri secara berkelanjutan.