Breaking News! Soft Launching Warta ISEI Vol.1, No.1
Berita ISEI

Soft Launching Warta ISEI Vol.1, No.1

13 July 2024

Setelah vakum selama 12 tahun, dengan penuh rasa bangga Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) kembali melakukan soft launching untuk Warta ISEI Vol.1, No.1, Juni 2024 dengan tema “Orkestrasi ISEI”. Warta ISEI merupakan wadah untuk melakukan sinergi dan kolaborasi pusat & cabang ISEI. Soft Launching Warta ISEI kali ini diadakan di Sekretariat PP ISEI dan melalui live streaming di instagram @ppisei_official.

Warta ISEI edisi perdana telah terpublikasi dengan ISSN 3048-0574 yang diterbitkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional. Dalam edisi perdananya, Warta ISEI telah melibatkan multi stakeholders (Pengurus Pusat ISEI, ISEI Cabang, dan Mitra kerja ISEI) yang merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi yang nyata antara Akademisi, Bisnis, dan Government.

Dalam acara soft launching, Bapak Yoga Affandi, Ph.D., selaku Sekretaris Umum PP ISEI menyampaikan rasa syukur menyambut edisi perdana Warta ISEI dan mendukung penuh berjalannya Warta ISEI dengan menulis artikel pada halaman pertama yang berjudul “Adopsi Digital Untuk Kemajuan UMK”.

Ketua Dewan Redaksi Warta ISEI, Prof. Dr. Ir. Hermanto Siregar, M.Ec., mengucapkan rasa syukur dan sukacita atas terbitnya Warta ISEI, dan mengapresiasi semua yang terlibat dalam Warta ISEI. Sebagai bentuk kemandirian, dalam edisi perdana Warta ISEI telah mendapatkan dukungan dari mitra kerja yakni LAMEMBA, PT. ALLO BANK, Tbk., PT. Bank Jago, Tbk., dan PT. Bank Ganesha, Tbk.

Hal yang menarik pada Warta ISEI adalah topik tulisan artikel populer yang berasal dari ISEI Cabang dengan topik regional, beberapa cabang ekonomi baru, dan situasi & kondisi perekonomian nasional. Kedepannya, Warta ISEI dapat menjadi kekuatan bagi ISEI untuk dapat berkontribusi memberikan update ilmu ekonomi, situasi perekonomian, dan hal aktual lainnya yang lebih mudah dipahami oleh masyarakat.

Dalam acara ini diadakan juga kuliah singkat penulisan artikel opini yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Bustanul Arifin, M.Sc dan dimoderasi oleh Dr. Aviliani. Dalam pemaparan materinya, dijelaskan strategi dan tahapan untuk melakukan publikasi artikel opini dan juga selera dari beberapa koran ternama di Indonesia. Banyak peserta yang antusias mengikuti kegiatan soft launching karena dimoderasi oleh Dr. Aviliani.

Pada sesi tanya jawab, banyak peserta yang memberikan apresiasi pada terbitnya Warta ISEI namun terdapat kekurangan yakni masih kurangnya peran generasi muda (Young Economist) dalam Warta ISEI pada khususnya dan kegiatan ISEI pada umumnya. Peserta memberikan masukan kepada Bidang Akademi, Profesi, dan Riset PP ISEI untuk menyusun kurikulum ekonom muda untuk memastikan keberlanjutan ISEI kedepannya.

Masih kurangnya peran young economist dinilai disebabkan karena masih belum gencarnya publikasi & aktivitas kegiatan ISEI serta kelembagaan yang belum inklusif merangkul organisasi atau lembaga mahasiswa dalam kegiatan ISEI. Diperlukan adanya perubahan paradigma keanggotaan ISEI dengan merawat calon anggota ISEI sejak mahasiswa dan menjaring fresh graduates dengan melakukan seminar, webinar, workshop, dan kegiatan ISEI yang relevan dengan konstituen.

Warta ISEI juga diminta dapat menjadi wadah untuk bagi ekonom muda menulis dan mengekspresikan pemikiran, ide, dan gagasan karena kedepannya mereka akan menjadi generasi emas yang akan berperan sebagai agent of change dan main agent pembangunan. Terakhir, acara ditutup dengan ramah tamah dan makan siang bergizi sebagai bentuk endogenitas bagi UMKM Karyawan Sekretariat PP ISEI.

Semangat dan sukses bagi terbitan Warta ISEI Vol.1, No.1, Juni 2024!

Redaksi WARTA ISEI menyediakan E-Magazine:

Untuk Password hubungi Sekretariat WARTA ISEI - 0882-2734-8958