Breaking News! Seminar Series Kajian Kebijakan Publik (KKP) 5.0 dan Diseminasi KKP 4.0 di Surabaya
Berita ISEI

Upaya Optimalisasi dan Stabilisasi Pertumbuhan Ekonomi Jakarta Ke Depan

06 December 2023

Seminar Outlook Jakarta 2024: Upaya Optimalisasi dan Stabilisasi  Pertumbuhan Ekonomi Jakarta Ke Depan

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jakarta bekerjasama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi DKI Jakarta melaksanakan Seminar Outlook Jakarta 2024 dengan tema ”Optimalisasi Pertumbuhan Ekonomi Dan Stabilisasi” bertempat di Gedung Heritage, KPw BI Provinsi DKI Jakarta. Acara yang dilakasanakan pada Rabu, 6 Desember 2023 tersebut dilaksanakan secara hybrid yang dihadiri kurang lebih 500 orang peserta yang terdiri dari perwakilan akademisi, pelaku bisnis, dan pemerintah. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB dan disiarkan langsung melalui Zoom dan kanal YouTube Bank Indonesia Jakarta. Acara tersebut dibuka oleh Ketua ISEI Jakarta, Inarno Djajadi (Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan). Kegiatan dilanjutkan dengan sesi Leader’s Talk yang disampaikan oleh Kepala Bank Indonesia Institute sekaligus Sekretaris Umum ISEI, Yoga Affandi. Pada sesi Keynote Speech disampaikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Arlyana Abubakar. Selanjutnya, Keynote Speech berikutnya oleh Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda Pemprov DKI Jakarta, Sri Haryati, sebagai perwakilan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta. 

  Pelaksanaan Seminar Outlook Jakarta 2024 yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam dihadiri oleh para narasumber dari perwakilan academic, business, dan government (ABG). Pembicara pertama yaitu Prof. Djoni Hartono, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Adapun pembicara kedua, Andry Asmoro, Ekonom Bank Mandiri. Pembicara ketiga, Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno, Rakhmadi A. Kusumo, dan pembicara keempat Principal Expert Solution Telkom Indonesia, Fahmi Ridho. Seminar ini dimoderatori oleh Rory Asyari. 

Diskusi berjalan dengan baik dan mendapat respons yang aktif dari peserta baik yang hadir secara luring maupun daring. Secara keseluruhan, diskusi menghasilkan 3 (tiga) poin penting yang berperan dalam optimalisasi pertumbuhan ekonomi dan stabilisasi Jakarta ke depannya. Pertama, mengoptimalkan sumber pertumbuhan ekonomi Jakarta utamanya pada sektor industri, seperti industri kreatif yang berbasis riset dan inovasi. Kedua, mendorong transformasi digital pada sektor-sektor kunci pertumbuhan ekonomi. Ketiga, meningkatkan keamanan siber dalam implementasi digital pada teknologi informasi dan komunikasi.