Breaking News! Kuliah Umum dan Diseminasi Buku KKP 4.0 di Mataram

Aktivitas ISEI - Pelantikan

Pelantikan Pengurus ISEI Cabang Yogyakarta 2024

17 February 2024

Pelantikan Pengurus ISEI Cabang Yogyakarta

Wujudkan Sinergi dengan Spirit ABG (Akademisi, Business, dan Government) melalui Stabilisasi, Hilirisasi, Digitalisasi, dan Inklusi

Pelantikan ISEI Yogyakarta

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) menyelenggarakan Pelantikan Pengurus ISEI Cabang Yogyakarta periode 2023-2026 bersama dengan prosesi Pelantikan Pengurus Daerah KAFEGAMA Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) periode 2024-2027 bertempat di Learning Center, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada pada Jumat, 16 Februari 2024. Prosesi pelantikan berjalan khidmat dengan total perwakilan Pengurus ISEI Cabang Yogyakarta yang dilantik sebanyak 8 (delapan) orang dan Pengurus Daerah KAFEGAMA DIY diwakilkan oleh 7 (tujuh) orang. Perwakilan pengurus, baik dari ISEI Cabang Yogyakarta maupun KAFEGAMA DIY, terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan para koordinator bidang.

Ketua Umum ISEI sekaligus Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo Ph.D., memaparkan pada sambutannya bahwa ISEI dan KAFEGAMA perlu bersinergi dan berkontribusi nyata terhadap perekonomian. Terdapat 4 (empat) program yang perlu diwujudkan oleh ISEI melalui spirit ABG (Akademisi, Business, dan Government), yaitu Stabilisasi, Hilirisasi, Digitalisasi, dan Inklusi yang selanjutnya disingkat menjadi SHDI. Keempat program ini diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, baik di tingkat nasional maupun di daerah. Lebih lanjut, program SHDI yang perlu diterapkan oleh ISEI memiliki 5 (lima) strategi, yaitu: (i) berpartisipasi aktif dalam menjaga stabilitas perekonomian di tingkat daerah maupun nasional melalui academic dan policy; (ii) hilirisasi pada sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi melalui UMKM; (iii) digitalisasi sebagai future of economy melalui pembangunan startup, pariwisata, industri kreatif; (iv) mendorong inklusi keuangan, utamanya pada UMKM; serta (v) bersinergi antara akademisi, pelaku usaha, dan juga policy maker dalam mendukung terwujudnya program tersebut. 

Dihadiri oleh 175 peserta, acara yang diselenggarakan secara offline ini berlangsung meriah. Peserta yang hadir pada acara yaitu Ketua ISEI Cabang Yogyakarta, Pimpinan Satuan Kerja Bank Indonesia, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Kepala Otoritas Jasa Keuangan DIY, Ketua KAFEGAMA DIY, pengurus dan anggota ISEI maupun KAFEGAMA, serta stakeholder terkait. Acara ditutup dengan ramah tamah oleh Gubernur Bank Indonesia bersama dengan seluruh peserta.