Breaking News! Kuliah Umum dan Diseminasi Buku KKP 4.0 di Mataram
Berita ISEI

7 Capaian ISEI Dalam Memberikan Kontribusi Perekonomian Nasional

19 September 2023

Ketua Umum ISEI Perry Warjiyo yang juga merupakan Gubernur Bank Indonesia (BI) memimpin Sidang Pleno ISEI XXIII dan Seminar Nasional ISEI Tahun 2023.

Dalam sidang pleno ini, Perry menyebutkan ada 7 pencapaian dan kemajuan yang didapat oleh ISEI, dan akan diimplementasikan secara konsisten.

ISEI dinilai mampu mengimplementasi AD/ART secara nyata, yang forward looking, terstruktur, dan terpadu.

ISEI disebutkan mengedepankan konsep sinergi, antara academic, bussines, dan government, atau dikenal dengan ABG.

"Kenapa sinergi ini penting? Agar rekomendasi ISEI itu betul-betul berdasarkan pemikiran akademik, praktek di dunia nyata, dan dimasukkan bagi perumusan kebijakan," kata Perry.

Capaian lain ISEI dalam sidang pleno di Bengkulu antara lain perumusan pemikiran ISEI dalam bentuk buku kajian kebijakan publik.

Selanjutnya, ada Jurnal Ekonomi Indonesia (JEI) milik ISEI, yang menerbitkan pemikiran dan rumusan para ekonom ISEI di seluruh Indonesia.

Kemudian, ada Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (Lamemba) yang bertugas melakukan akreditasi program studi di bidang ekonomi. Lamemba sendiri dibentuk ISEI dengan 2 asosiasi lain, yakni IAI dan AFEBI.

ISEI juga telah mempublikasikan hasil kajian dengan menggunakan ISEI index, yang melibatkan 3.500 anggota ekonom ISEI sebagai responden.

ISEI juga disebutkan semakin aktif dalam kegiatan di tingkat internasional.