Breaking News! Memperkuat Transformasi Ekonomi dan Kebijakan Publik yang Inklusif dan Berkelanjutan
Berita ISEI

Memperkuat Transformasi Ekonomi dan Kebijakan Publik yang Inklusif dan Berkelanjutan

24 September 2024

Kongres ISEI XXII dan Seminar Nasional ISEI 2024: Memperkuat Transformasi Ekonomi dan Kebijakan Publik yang Inklusif dan Berkelanjutan

Seminar Nasional ISEI 2024 yang diselenggarakan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) pada Kamis, 19 September 2024 dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Seminar dengan tema “Memperkuat Transformasi Ekonomi dan Kebijakan Publik yang Inklusif dan Berkelanjutan” merupakan rangkaian kegiatan Kongres ISEI XXII yang diselenggarakan di Hotel Alila, Surakarta. Ketua Umum PP ISEI (Perry Warjiyo) dan Ketua Panitia Pelaksana (Anggito Abimanyu) juga turut memberikan sambutan dan laporan kegiatan. Seminar ini dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara, Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Wakil Menteri BUMN, pimpinan Bank Indonesia, pimpinan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Pj. Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Walikota Surakarta, dan pengurus serta anggota ISEI dari seluruh Indonesia, dengan total peserta yang hadir sebanyak 500 peserta. Dalam sambutannya, Presiden Republik Indonesia menyampaikan bahwa ISEI, sebagai organisasi sarjana ekonomi, diharapkan dapat mendukung pemerintah dalam merumuskan strategi penguatan ekonomi, khususnya melalui sektor padat karya yang berpotensi besar dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa.

Sesi diskusi pada Seminar Nasional ISEI 2024 dipandu oleh moderator kenamaan Timothy Marbun, Jurnalis Kompas TV. Narasumber prominent di bidangnya yang hadir, yakni Wakil Menteri BUMN (Kartiko Wirjoatmodjo), Staf Khusus Menteri Keuangan (Titik Anas), Ahli Kebijakan Publik, Governance, dan Reformasi Administrasi Universitas Indonesia (Prof. Eko Prasojo), dan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Shinta W. Kamdani). Hasil diskusi pada Seminar Nasional menyimpulkan bahwa akselerasi transformasi ekonomi dapat diwujudkan dengan pengembangan sumber daya manusia atau human capital, serta pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan. Transformasi ekonomi tersebut membutuhkan dukungan bauran kebijakan, sehingga investasi di sektor-sektor strategis untuk pertumbuhan jangka panjang dapat terwujud. Di sisi lain, governance dan tata kelola inklusif dan berkelanjutan perlu didukung oleh transformasi digital, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat dari pembangunan ekonomi. Acara diskusi ditutup dengan peresmian kartu anggota virtual yang secara simbolis diberikan kepada Ketua Umum ISEI (Perry Warjiyo), Sekretaris Umum ISEI (Yoga Affandi), dan Ketua Bidang I (Anggito Abimanyu).

Keesokan harinya, dilaksanakan Kongres ISEI XXII pada Jumat, 20 September 2024 yang secara aklamasi menetapkan Ketua Umum ISEI sebelumnya, Perry Warjiyo terpilih kembali menjadi Ketua Umum ISEI periode 2024-2027. Kongres yang dihadiri oleh 44 ketua cabang dari seluruh Indonesia dan pengurus pusat ISEI juga menetapkan tempat pelaksanaan Sidang Pleno ISEI ke-XXIV di kota Manado dan Kongres ISEI ke-XXIII di Medan. Kongres juga menerima laporan pertangungjawaban Ketua Umum yang menyampaikan kegiatan ISEI selama 2021-2024. Pada kesempatan tersebut juga disampaikan hasil Indikator Survei Ekonomi Indonesia (ISEI) Index dan Rekomendasi Kebijakan dalam bentuk buku Kajian Kebijakan Publik (KKP) 5.0 dengan tema “Akselerasi Transformasi Indonesia: Strategi Penguatan Hilirisasi Pangan”.