Breaking News! Seminar Series Kajian Kebijakan Publik (KKP) 5.0 dan Diseminasi KKP 4.0 di Surabaya
Berita ISEI

Tantangan Pangan Global: Kini dan Akan Datang

26 October 2023

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan RI mengadakan Seminar Nasional dengan tema ”Tantangan Perdagangan Pangan Global” yang dilaksanakan secara hybrid pada Rabu, 25 Oktober 2023 bertempat di IPB Convention Center, Botani Square Building Bogor. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB dan turut disiarkan secara langsung melalui Zoom dan YouTube.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Focus Group Bidang Perdagangan dan Keuangan Internasional, Prof. Bayu Krisnamurthi. Beliau menyampaikan bahwa tantangan Indonesia ke depannya tidak hanya terkait perdagangan global, tetapi juga kedaulatan pangan. Saat ini, Indonesia masih perlu memerhatikan adanya diversifikasi komoditas dalam perdangangan global serta kebijakan proteksionisme yang banyak terjadi di negara-negara lain.  

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh keynote speaker. Keynote speaker pertama yaitu Wakil Ketua Bidang II ISEI, Dr. Iskandar Simorangkir. Pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan bahwa Indonesia masih harus berhati-hati dalam menjaga ketahanan pangannya. Inflasi pangan ini dipicu oleh beberapa faktor di antaranya adalah kenaikan harga akibat disrupsi pasokan yang berasal dari El Nino, pelarangan ekspor, pembatasan ekspor dari negara produsen, atau karena fragmentasi ekonomi.

Sesi tersebut dilanjutkan oleh penyampaian materi oleh keynote speaker kedua yaitu Kepala Badan Kebijakan Perdagangan, Kementerian Perdagangan RI, Dr. Kasan. Beliau berharap dengan adanya diskusi pada Seminar Nasional kali ini, tantangan yang akan dihadapi oleh Indonesia dapat didiskusikan dan menemukan solusi yang konkrit dalam mendorong kegiatan ekspor dan impor di Indonesia. Kegiatan juga turut dihadiri oleh Wakil Ketua Focus Group Bidang Moneter dan Makroprudensial sekaligus perwakilan dari Bank Indonesia Institute, Donni Fajar Anugrah, Ph.D.

Pelaksanaan Seminar Nasional berlangsung selama kurang lebih 2 jam yang dimoderatori oleh Ketua Umum ISEI Bogor, Prof. Noer Azam Achsani. Adapaun narasumber yang diundang merupakan perwakilan dari ABG (Academic, Business, dan Government), yakni Kepala Biro Perencanaan Kementerian Perdagangan RI, Nur Rakhman Setyoko, MIDEC., Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan KADIN, Ir. Juan Permata Adoe, dan Direktur ITAPS IPB University, Dr. Sahara. Topik pembahasan masing-masing narasumber berdasarkan dari 3 (tiga) poin penting, yaitu: (i) tantangan yang dihadapi oleh Indonesia ke depan, utamanya di sektor pangan; (ii) strategi penguatan kedaulatan dan ketahanan pangan domestik, serta; (iii) dorongan ekspor komoditas pangan melalui regulasi dan diversifikasi.