Breaking News! Kuliah Umum dan Diseminasi Buku KKP 4.0 di Mataram
Berita ISEI

Tema Indonesia Maju diangkat pada Sidang Pleno ISEI ke-23

09 September 2023

Gubernur Bank Indonesia sekaligus Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Perry Warjiyo, menyampaikan bahwa pelaksanaan Sidang Pleno ISEI XXIII akan digelar pada Jumat, 15 September 2023 di Provinsi Bengkulu. Tema yang diusung pada sidang pleno tersebut yaitu “Peran ISEI Memperkuat Sinergi untuk Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Menuju Indonesia Maju”. Hal ini disampaikan pada Press Conference Pra-Penyelenggaraan Sidang Pleno ISEI XXIII dan Seminar Nasional tahun 2023 yang digelar secara luring di Kantor Bank Indonesia pada Jumat (08/09).

Dalam konferensi pers tersebut, terdapat tiga pesan utama yang disampaikan. Pertama, ISEI berkomitmen menyukseskan Sidang Pleno ISEI XXIII dengan melibatkan pengurus ISEI dari seluruh penjuru daerah (terdiri dari 51 cabang aktif), pemangku kebijakan terkait, dan para prominent person di bidangnya.

Kedua, rangkaian kegiatan Sidang Pleno ISEI XXIII diyakini memiliki dampak terhadap transformasi ekonomi daerah karena mengangkat berbagai keunggulan, serta aspek strategis dari provinsi Bengkulu sebagai tuan rumah, mulai dari aspek pendidikan, sosial-budaya, hingga kepariwisataan. ”Kegiatan ini akan impactful, tidak hanya mengevaluasi program kerja ISEI, tetapi juga merumuskan kebijakan publik ke pemerintah," ungkap Gubernur Perry.

Pesan terakhir yang disampaikan adalah adanya semangat kebersamaan untuk mendorong kalangan akademisi, periset di perguruan-perguruan tinggi, maupun masyarakat untuk menjawab berbagai tantangan pemulihan dan transformasi ekonomi nasional. Hal tersebut dalam bentuk partisipasi pada kegiatan seminar nasional dan call for papers conference yang merupakan bagian rangkaian Sidang Pleno ISEI tahun ini.

Rangkaian acara Sidang Pleno ISEI XXIII diantaranya terdiri dari laporan organisasi atau cabang ISEI mengenai evaluasi program kerja, perkembangan anggota baru dan laporan keuangan ISEI, penerbitan hasil Survei ISEI Index mengenai indikator ekonomi, serta penyampaian rekomendasi kebijakan yang tertuang di dalam Buku Kajian Kebijakan Publik (KKP) 4.0. Adapun tema Buku KKP 4.0 sama dengan tema sidang pleno yaitu “Peran ISEI Memperkuat Sinergi untuk Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Menuju Indonesia Maju”. 

Pelaksanaan Seminar Nasional ISEI tahun 2023 yang bertemakan sama dengan Sidang Pleno ISEI XXIII akan turut mengundang narasumber dari pemerintah dan pelaku usaha antara lain Wakil Menteri Keuangan RI, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi RI, dan Presiden Direktur OVO.